Top Ad 970x90

Tujuh Atlet Peraih Emas Sea Games Akan Sulut Api Kaderon

Upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX akan menghadirkan 19 atlet legendaris Indonesia, termasuk empat atlet peraih medali pada ajang Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil.

Upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX akan menghadirkan 19 atlet legendaris Indonesia, termasuk empat atlet peraih medali pada ajang Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil.

Pembukaan PON XIX sendiri akan digelar di stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Kota Bandung, Sabtu (17/9/2016). PON XIX sendiri akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo.

Manajer Tim Kreatif Bidang Upacara PB PON XIX/2016 Jabar, Satria Yanuar Akbar menuturkan, ‎hingga saat ini persiapan upacara pembukaan sudah mencapai 95 persen. Mulai dari loading peralatan hingga pelaksanaan tarian kolosal yang akan ditampilkan pada upacara pembukaan.

"Untuk tarian sudah 95 persen, tinggal pelaksanaan latihan dengan artis nasional dan atlet legendaris yang akan dilakukan pada 15 September. Untuk atlet legendaris yang akan hadir di pembukaan PON XIX itu totalnya ada 19 atlet, termasuk empat atlet peraih medali Olimpiade 2016," ujar Satria kepada wartawan, Rabu (14/9/2016).

‎Untuk penari yang dilibatkan pada pembukaan PON XIX sendiri, mencapai 3000 penari yang berasal dari berbagai komunitas. Mulai dari 12 sekolah, 11 sanggar tari se-Jabar, komuniitas tari kontemporer dan modern hingga komunitas perkusi‎. Dan artis yang akan terlibat di acara pembukaan PON XIX diantaranya Dira Sugandi, Armand Maulana, Dwiki Darmawan, dan Andi /rif.

"Untuk atlet legendaris, kita hitung berdasarkan raihan medali di ajang multieven baik tingkat nasional maupun internasional. ‎Dan penyulut api di kalderon pun akan diestafet ‎dari 7 atlet peraih medali emas mulai dari tingkat SEA Games, Asian Games, hingga Olimpiade. Untuk penyulut api terakhir di kalderon utama, itu masih rahasia kita sebagai kejutan," tegasnya.

FOTO: PB PON/ANTARA FOTO: Tim kesenian diiringi atraksi lighting dan video mapping saat latihan persiapan upacara pembukaan PON XIX Jabar 2016 bertajuk "Berjaya di Tanah Legenda" di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jawa Barat, Selasa (13/9) malam. Sebanyak 1.400 orang yang tergabung dalam tim kesenian dan pertunjukan menggelar latihan menggunakan sound, multimedia, lighting, kostum dan properti sebagai persiapan pembukaan PON XIX Jabar pada 17 September 2016.

*JURNAL PON 2016

Top Ad 728x90